3 Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang Android

5/5 (4)

Hai sobat, Kali ini saya akan membagikan trik 3 Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang Android tanpa root. Dengan menggunakan cara ini, sobat bisa melihat serta menonaktifkan aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM dan baterai Android. Nantinya performa Android lebih optimal dan baterai tidak cepat habis. Kalau sobat ingin tahu caranya, silahkan baca sampai selesai artikel ini, Ok !!

Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM dan baterai Android

Sebelum menonaktifkan aplikasi di latar belakang sobat harus tahu dahulu aplikasi-aplikasi yang banyak menggunakan RAM dan baterai Android, walaupun aplikasi tersebut tidak pernah sobat digunakan. Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan RAM dan baterai sebagai berikut:

1. Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM

Aktifkan opsi atau pilihan pengembang Android. Cara mengaktifkan opsi atau pilihan pengembang Android buka pengaturan Android > cari menu tentang perangkat atau tentang ponsel > klik info perangkat lunak >> lalu klik nomor versi sebanyak 7 kali.

Jika opsi atau pilihan pengembang sudah aktif langsung saja di buka > cari Menjalankan layanan akan  muncul list aplikasi yang menggunakan memori RAM >> lalu lihat aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM Android.

Baca Juga:  Cara menyimpan hasil donwload langsung ke kartu SD Android

2. Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan baterai

Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan baterai Android sebagai berikut: Buka pengaturan Android > cari menu penggunaan baterai > Akan muncul aplikasi yang banyak menggunakan baterai Android >> lalu lihat aplikasi yang banyak menghabiskan baterai Android.

Langkah-langkah Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang Android

Ada 3 cara untuk menghentikan atau menonaktifkan aplikasi agar tidak terus berjalan di latar belakang Android.

1. Menggunakan manajer aplikasi

Cara menghentikan aplikasi menggunakan manajer aplikasi sebagai berikut: Buka pengaturan Android > cari manajer atau manajemen aplikasi > cari aplikasi yang sedang berjalan atau aplikasi aktif > pilih aplikasi yang ingin nonaktifkan >> lalu klik paksa berhenti.

Baca Juga:  Cara mudah sembunyikan foto dan video di galeri tanpa aplikasi

2. Menggunakan aplikasi tambahan

Terlebih dahulu download dan instal aplikasi Advanced task manager dan Pemberhenti aplikasi di Play Store atau melalui ikon di bawah ini. Cara menghentikan aplikasi menggunakan aplikasi Advanced task manager dan Pemberhenti aplikasi sebagai berikut: Buka aplikasi Advanced task manager > centang aplikasi yang ingin di hentikan >> lalu klik boost atau buka aplikasi Pemberhenti aplikasi > centang aplikasi yang ingin dihentikan >> lalu klik memberhentikan aplikasi.

3. Membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang

Cara membatasi aplikasi yang di izinkan berjalan di latar belakang Android sebagai berikut: Buka opsi atau pilihan pengembang Android > cari batasi proses latar belakang > pilih jumlah proses maksimal aplikasi yang dizinkan di latar belakang. Kalau ingin tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang pilih tanpa proses latar belakang.

Baca Juga:  Cara melacak dan menemukan lokasi Android yang hilang tanpa aplikasi

Selama aplikasi dihentikan, Sobat tidak akan menerima notifikasi atau pemberitahuan terbaru dari aplikasi yang di hentikan. Demikian tips dan trik dari saya kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Salam,

androidnewbie.id

Tutorial 3 Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang Android

YouTube Android Newbie ID

Facebook Android Newbie ID

Berikan Rating ?

Artikel Terkait ⚡️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: