Cara mengatasi Android yang cepat panas atau overheat

5/5 (3)

Hai sobat, Kali ini saya akan membagikan tips cara mudah mengatasi Android cepat panas atau overheat yang menyebabkan baterai mudah habis. Penyebab Android cepat panas sangatlah banyak, bisa karena kerusakan salah satu hardware atau kesalahan dari kita sendiri. Kalau sobat ingin tahu cara mengatasinya, baca sampai selesai artikel ini, OK !!

Langkah-langkah mengatasi Android yang cepat panas

  1. Jaringan di Android harus stabil. Kalau sinyal 4G di daerah sobat belum stabil sebaiknya ubah jaringan ke hanya 3G saja, agar baterai tidak cepat habis karena Android terus mencari jaringan 4G.
  2. Nonaktifkan Wi-Fi, BluEtooth, layani lokasi/ GPS dan NFC saat tidak digunakan lagi agar fitur tersebut tidak terus melacak sinyal wifi atau bluetooth.
  3. Rutin membersihkan sampah di Android. Gunakan aplikasi pembersih bawaan Android atau aplikasi CCleaner untuk membersihkan sampah dari aplikasi maupun sampah dari sistem Android.
  4. Redupkan kecerahan layar dan nonaktifkan fitur kecerahan otomatis. Layar Android yang sangat terang banyak menghabiskan daya baterai Android.
  5. Tutup aplikasi ketika tidak lagi di gunakan. Tutup semua aplikasi yang tidak digunakan dari tombol recent agar aplikasi-aplikasi tersebut tidak terus berjalan di latar belakang Android.
  6. Pindahkan penyimpanan aplikasi  ke kartu SD. Aplikasi Android yang berukuran besar sebaiknya dipindahkan ke kartu SD agar memori internal tidak penuh dan membuat kinerja RAM Android lambat.
  7. Jangan gunakan aplikasi secara bersamaan. Kalau RAM Android sobat kecil jangan menggunakan aplikasi secara bersamaan, gunakan aplikasi satu persatu dan tutup aplikasi sebelum membuka aplikasi yang lain.
  8. Matikan Android saat mengisi baterai. Jangan pernah mengisi baterai Android sambil bermain game atau menggunakan aplikasi lain agar baterai stabil saat mengisi daya.
  9. Gunakan charger yang original. Charger yang bukan milik sobat belum tentu cocok dengan Android, jadi usahakan menggunakan charger orginal bawaan Android.
  10. Jika cara di atas tidak berhasil, silahkan ganti baterai Android atau bawa Android ke tempat service untuk mengecek kerusakan hardware.
Baca Juga:  Cara mematikan dan menyalakan Android secara otomatis tanpa aplikasi

Demikian tips dan trik dari saya kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Salam,

androidnewbie.id

Video Tutorial Cara mengatasi Android yang cepat panas

Channel Youtube Android Newbie ID

Fans Page Facebook Android Newbie ID

Berikan Rating ?

BAGIKAN KE

Artikel Terkait ⚡️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: