Cara mudah membagi bandwidth WiFi Indihome tanpa mikrotik

5/5 (5)

Hai sobat, Kali ini saya akan membagikan tutorial Cara mudah membagi bandwidth WiFi Indihome tanpa mikrotik atau menggunakan modem standar. Dengan menggunakan cara ini, sobat bisa membagi serta membatasi kecepatan WiFi untuk pribadi dan WiFi untuk umum tanpa menggunakan modem tambahan/ mikrotik. Dengan kata lain kecepatan WiFi untuk pribadi lebih cepat daripada WiFi untuk umum. Jika sobat ingin tahu caranya, silahkan baca sampai selesai artikel ini, Ok !!

Langkah-langkah Cara mudah membagi bandwidth WiFi Indihome tanpa mikrotik

Terlebih dahulu login ke router atau modem WiFi Indihome sobat, saya menggunakan modem ZTE F609. Selanjutnya buka browser di Android > ketikkan 192.168.1.1 > masukan username dan password standar, untuk usernamenya ketik user dan passwordnya user >> lalu klik login.

Cara menambah WiFi untuk Pribadi

Jika sudah login ke modem klik Network > klik Basic > carikan dan ubah QoS Type menjadi SSID >> lalu klik Submit.  Cara menambahkan SSID untuk pribadi klik SSID Settings > klik Choose SSID > pilih SSID 2 > centang Enable SSID > Maximum client sesuaikan saja dengan jumlah perangkat pribadi sobat > buatkan nama SSID untuk WiFi pribadi > pilih Priority 5 >> lalu klik Submit. Selanjutnya kembali ke SSID 1 > pilih priority 7 >> lalu klik Submit. Maksud dari priority akan saya jelaskan di akhir artikel ini.

Baca Juga:  Trik mudah memblokir pencuri hotspot Android Samsung tanpa aplikasi

Cara membuat password WiFi Indihome

Cara menambahkan password WiFi untuk pribadi klik Security > klik Choose SSID > pilih SSID 2 > Authentication Type pilih WPA/ WPA 2-PSK > buatkan password di kolom WPA Passphrase > WPA Encryption Algorithm pilih TKIP+AES > lalu klik Submit. Silahkan sobat login ke WiFi pribadi yang baru saja di buat.

Kategori dan rincian Priority WiFi

Priority adalah prioritas dari WiFi Multimedia atau WMM yang dibagi menjadi 4 kategori. Kategori dan rincian priority WiFi sebagai berikut:

  • 0 dan 3 = BE (Best Efforts)Biasanya digunakan untuk perangkat jadul yang tidak support QoS, seperti handphone lama yang sudah ada fitur Wi-Fi.
    Rinciannya: 0 = Best Efforts dan 3 = Excellent Effort
  • 1 dan 2 = BK (Background)Biasanya digunakan untuk yang suka download file, FTP dan printing.
    Rinciannya: 1 = Background dan 2 = Spare
  • 4 dan 5 = VI (Video)Biasanya digunakan untuk yang suka streaming video.
    Rinciannya: 4 = Controlled Load dan 5 = Video
  • 6 dan 7 = VO (Voice)Biasanya digunakan untuk yang suka VoIP (Voice over Internet Protocol).
    Rinciannya: 6 = Voice dan 7 = Network Control

Baca Juga:  Cara agar sinyal 4G lebih ngebut dan stabil di Android Samsung

Berdasarkan rincian priority di atas saya memilih priority 7 di SSID 1 (WiFi untuk umum) dan priority 5 di SSID 2 (WiFi untuk pribadi) agar router bekerja maksimal untuk WiFi pribadi. Saya sudah coba cara ini sebulan lebih dan hasilnya saat saya streaming tidak terganggu sedikitpun.

Demikian tips dan trik dari saya kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Salam,

androidnewbie.id

Tutorial Cara mudah membagi bandwidth WiFi Indihome tanpa mikrotik

YouTube Android Newbie ID

Facebook Android Newbie ID

Berikan Rating ?

Artikel Terkait ⚡️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: