Cara mengaktifkan fitur canggih Android yang sengaja disembunyikan

5/5 (5)

Hai sobat, Kali ini saya akan membagikan tips dan trik yang cukup keren yaitu Cara mengaktifkan fitur canggih Android yang sengaja disembunyikan dari sobat. Fitur tersembunyi tersebut berfungsi untuk meningkatkan kinerja Android, seperti Mempercepat Android, Mengatasi lag, Menambah memori internal, memindahkan aplikasi yang tidak bisa di pindah dan masih banyak lagi yang saya akan jelaskan di artikel ini.

Tips dan trik ini terdapat di semua merk Android, hanya saja sengaja disembunyikan dan sobat harus mengaktifkannya sendiri. Di artikel ini saya akan menjelaskan fitur tersembunyi yang penting dan sering saya gunakan. Kalau sobat ingin tahu fitur apa saja, silahkan baca sampai selesai artikel ini, Ok !!

Langkah-langkah Cara mengaktifkan fitur canggih Android yang sengaja disembunyikan

Untuk mengaktifkan fitur tersembunyi sobat harus mengaktifkan Opsi atau Pilihan pengembang terlebih dahulu Android. Cara mengaktifkannya buka Pengaturan Android > cari menu Tentang perangkat atau Tentang ponsel > klik Info perangkat lunak >> lalu klik Nomor versi sebanyak 7 kali. Jika opsi atau pilihan pengembang sudah aktif, silahkan sobat aktifkan fitur-fitur tersembunyi di bawah ini:

1. Mempercepat transisi animasi atau Menonaktifkan transisi animasi

Dengan mengubah pengaturan transisi animasi, Android sobat akan menjadi lebih cepat karena tidak diperlambat oleh proses animasi. Cara menonaktifkannya sebagai berikut: Buka Pengaturan Android > Buka Opsi atau Pilihan pengembang > Geser ke bawah > cari Skala dan Durasi jendela, Transisi dan Animator >> Kecilkan skalanya dengan memilih Skala animasi menjadi 0,5x. Jika ingin menonaktifkannya pilih Animasi tidak aktif.

Baca Juga:  7 Fitur canggih bawaan Samsung Galaxy yang jarang digunakan

2. Meningkatkan kualitas grafis saat bermain game

Dengan mengaktfikan MSAA, sobat akan mendapatkan kualitas grafis yang lebih baik saat bermain game. Selain itu cara ini juga bisa mengatasi LAG saat bermain game HD. Cara mengaktifkan MSAA sebagai berikut: Buka Pengaturan Android > Buka Opsi atau Pilihan pengembang > Geser ke bawah > Cari dan Aktifkan 4x MSAA. Kekurangan dari fitur ini baterai Android sobat akan cepat habis.

Baca Juga:  Trik ampuh mengatasi LAG saat bermain game HD di Android tanpa root

3. Membuat lokasi palsu

Dengan mengaktifkan lokasi palsu, sobat bisa mengubah lokasi sobat ke manapun, bahkan ke luar negeri. Cara ini bisa di terapkan di media sosial maupun di aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, contohnya mengirimkan lokasi palsu melalui WhatsApp ke orang lain. Cara membuat lokasi palsu sebagai berikut: Download dan instal aplikasi tambahan, seperti aplikasi Fake GPS Location-Hola di Play Store atau melalui ikon di bawah ini > Buka opsi atau pilihan pengembang > Geser ke bawah > klik aplikasi tiru lokasi > Pilih aplikasi Fake GPS Location-Hola > Buka aplikasi Fake GPS Location-Hola >> lalu ubah lokasi sobat sesuai keinginan.

Baca Juga:  Trik mudah membuat lokasi palsu di WhatsApp

4. Menonaktifkan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang

Dengan menonaktifkan aplikasi yang selalu berjalan di latar belakang Android, sobat dapat menghemat penggunaan memori RAM. Jadi Android bisa lebih cepat karena tidak banyak menggunakan memori RAM. Cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang sebagai berikut: Buka Pengaturan Android > buka Opsi atau Pilihan pengembang > Geser ke bawah > cari Batasi proses latar belakang >> pilih Jumlah aplikasi yang di izinkan bisa berjalan di latar belakang. Jika ingin menonaktifkan agar semua aplikasi tidak berjalan di latar belakang >> pilih Tanpa proses latar belakang.

Baca Juga:  3 Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang Android

5. Mengubah paksa penyimpanan aplikasi ke kartu SD

Dengan mengaktifkan fitur ini sobat bisa memindahkan penyimpanan aplikasi yang tidak bisa di simpan ke kartu SD, jadi memori internal Android jadi lebih banyak karena aplikasi sudah tersimpan di kartu SD. Cara mengubah paksa penyimpanan aplikasi ke kartu SD sebagai berikut: Buka Pengaturan Android > Buka Opsi atau Pilihan pengembang > Geser ke bawah > cari dan aktifkan Paksa izinkan aplikasi di eksternal > Kembali ke Pengaturan Android dan cari Manajer atau Manajemen aplikasi > pilih aplikasi yang tidak bisa di pindahkan ke kartu SD > klik Penyimpanan > klik UBAH >> lalu klik kartu SD.

Baca Juga:  Cara mengetahui MAC Address Android dan Iphone

6. Membuat layar Android tetap menyala

Dengan mengaktifkan fitur ini layar Android sobat tidak akan mati (sleep). Layar Android akan terus menyala di saat pengisian baterai. Menurut saya fitur ini sangat membantu untuk membaca, bermain game, dan melakukan aktifitas apapun yang mengharuskan layar selalu menyala/  aktif. Cara membuat layar Android selalu menyala sebagai berikut: Buka pengaturan Android > buka Opsi atau Pilihan pengembang >> cari dan aktifkan Tetap bangun.

Baca Juga:  3 Cara agar layar Android tetap menyala (layar tidak off)

7. Melihat aplikasi yang banyak menggunakan RAM Android

Dengan fitur ini sobat bisa melihat aplikasi apa saja yang banyak menggunakan memori RAM dari opsi atau pilihan pengembang. Saran saya kalau aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM tersebut jarang di gunakan, Sebaiknya aplikasi tersebut sobat di hapus saja agar bisa meringankan kinerja RAM Android. Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM sebagai berikut: Buka Pengaturan Android > Buka Opsi atau Pilihan pengembang > Cari Menjalankan layanan/ aplikasi >> Nanti akan muncul urutan aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM Android.

Baca Juga:  8 Cara ampuh menambah memori RAM Android tanpa root

Demikian tips dan trik dari saya kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Salam,

androidnewbie.id

Tutorial Cara mengaktifkan fitur canggih Android yang sengaja disembunyikan

YouTube Android Newbie ID

Facebook Android Newbie ID

Berikan Rating ?

Artikel Terkait ⚡️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: